Tanding, Blogspot Vs Wordpress

Beberapa hari ini selain fokus pada blogspot, saya juga mencoba wordpress untuk mengetahui perbedaan antara kedua penyedia blog gratisan ini. Kesan perbedaan penggunaan wordpress versi gratis dibandingkan dengan blogspot versi gratis adalah:

- Terlalu banyak iklan pada situs penyedia blog gratis wordpress.com, setiap saya mencoba mengganti thema, disana memang tersedia beragam thema mulai yang gratis sampai yang berbayar. Tetapi untuk versi gratis jangan harap Anda bisa mengedit html atau css layaknya di blogspot.com. Anda butuh self hosting untuk melakukan editing ini, dan itu berarti harus membayar kepada wordpress.com.
- Perataan teks yang ada di blogspot.com lebih beragam (left, right, center, justify) sedangkan di wordpress hanya tersedia tiga pilihan (left, right, center). Oleh karenanya, bagi yang ingin membuat tulisan rata semua (justify) harus mengedit secara manual kodenya "<p style="text-align: justify;">...</p>".
- Fitur di wordpress yang dulu tidak tersedia di blogspot, yaitu mengetahui tautan post yang akan kita buat, kini sudah dimiliki oleh blogspot. Ini berarti ketertinggalan blogspot dalam hal tautan permanen sudah teratasi.

Menurut saya, menggunakan blogspot atau wordpress kedua-duanya memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Namun, saya lebih condong kepada blogspot.com karena untuk urusan thema, bisa diedit sesuai keinginan kita dengan memainkan kode html dan css yang ada.