Ban, fungsi dan macam

           Berbicara mengenai ban pasti semua orang berpikiran warna hitam legam, sebagai penapak kendaraan ke jalanan dan berbagai pandangan umum lainnya. Namun secara khusus ban memiliki pembahasan sebagai berikut :

  • Komponen-komponen penyusun ban;
  1. Tread; adalah telapak ban yang langsung menapak pada jalan, terbuat dari lapisan karet kenyal dan tahan terhadap gesekan merupakan lapisan yang sangat tebal. 
  2. Bead; rangkaian kawat yang dipasang pada lapisan ban. Pemasangannya membuat kekokohan rangka ban dan menjamin kemudahan pemasangan ban pada velg, tiap kawat dilapisi oleh karet yang keras.
  3. Breaker; lapisan karet tipis yang lembut dan mampu menahan perubahan, elastisitas dan meredam goncangan ban akibat jalan. Posisinya antara Tread dan Carcass.
  4. Carcass; penyusun ban yang terdiri atas lembaran-lembaran ply cord yang paling menyilang yang membentuk rangka dari ban bagian luar.
  • Jenis-jenis ban;

  1. Struktur Bias; merupakan struktur umum yang biasa digunakan pada kendaraan. kontruksi yang kokoh terdiri atas lembaran-lembaran cord yang saling menyilang membentuk sudut 40-60 derajat. Memiliki keunggulan dalam hal kemampuan menahan beban lebih besar dan menjamin kestabilan pada tekanan tinggi. Umum digunakan pada kendaraan yang mengutamakan kemampuan menahan beban dibanding kecepatan.
  2. Struktur Radial; struktur ini mampu menahan deformasi walaupun pada kecepatan tinggi. Struktur ini banyak digunakan pada kendaraan yang dirancang memnuhi aspek kecepatan dibanding kemampuan menahan beban dimana mampu menahan panas dari gesekan jalan. Pemakaian ban ini memiliki kekurangan yaitu harga yang relatif lebih mahal dibanding ban struktur bias.
  3. Struktur Belted Bias.